Selasa, 31 Mei 2011

Orang Jawa di Suriname dalam Foto

Sejarah orang-orang Suriname keturunan Jawa relatif kurang dikenal. Untuk mengisi kekosongan referensi itu, Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis di Jakarta menggelar pameran foto "Orang Jawa di Suriname" hasil bidikan kamera fotografer Matt Soemopawiro.

Pameran digelar hingga 18 Februari 2011. Lewat serangkaian karya fotografinya, Matt menyuguhkan cerita-cerita orang Jawa di Suriname, Indonesia dan di Negeri Belanda. Foto-foto itu mengungkapkan identitas dan budaya mereka.

Berbagai tradisi dipotret, seperti mitoni (ritual pada masa kehamilan 7 bulan yang pertama kali) dan penikahan adat Jawa hingga kendurenan alias pesta makan-makan ala Jawa.

Di mata Matt, berbagai tradisi ritual itu merupakan "momen-momen unik" yang "hanya hadir satu kali saja", sehingga perlu diabadikan. Lahir di Suriname dan pindah ke Belanda pada 1975, Matt menekuni studi fotografi
selama 3 tahun di Amsterdamse Academie, yang melahirkannya sebagai seorang fotografer budaya.

Di tengah masa pameran, diluncurkan buku 'Stille Passanten' (Orang-orang yang Lalu dalam Diam) karya Yvette Kopijn dan Hariette Mingoen, yang juga mengungkapkan sejarah orang-orang Jawa di Suriname.

sumber : detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

profil

Foto saya
Denak, Jawa Tengah, Indonesia